Rabu, 15 Desember 2010

Puasa Asyura 10 Muharram

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Tentang bulan-bulan haram ini Allah ta’ala telah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (سورة التوبة: 36 )

“Sesungguhnya jumlah bulan di kitabullah (Al-Quran) itu ada 12 bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, 4 diantaranya adalah bulan-bulan haram” (QS. At Taubah: 36).

Pada bulan Muharram ini kita disunnahkan untuk berpuasa, dan itu merupakan puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan. Rasululllah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله : أفضل الصيام بعد شهر رمضان شهر الله الذي تدعونه المحرم، وأفضل الصلاة بعد الفريضة قيام الليل (رواه مسلم).

Dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu Rasululllah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa dibulan muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim).

Dalam hadits lain beliau menjelaskan bahwa puasa pada hari ‘asyura (10 Muharram) bisa menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah lewat.

عن أبي قتادة رضي الله عنه قال : سُئل النبي صلى الله عليه وسلم عن صيام يوم عاشوراء ، فقال : إني أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله . رواه مسلم

Dari Abu Qatadah radliyallaahu ‘anhu Rasululllah shallallaahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ‘asyura, beliau bersabda: ” Saya berharap ia bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat” (HR. Muslim).

Dan disunnahkan, untuk memulai berpuasa sehari sebelum ‘Asyura, yaitu tanggal 9 Muharram, sebagaimana sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam :

فإذا كان العام المقبل إن شاء الله صمنا اليوم التاسع قال فلم يأت العام المقبل حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم
“Jika datang tahun depan insya Allah kita akan berpuasa hari kesembilan”. Akan tetapi beliau meninggal pada tahun tersebut”. (HR. Muslim).

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Web Informer Button