Senin, 06 Desember 2010

1 Muharram 1432 H


Adakah kebiasaan Nabi Muhammad SAW  mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijiriah?

       Di masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam belum ada tradisi menjadikan bulan Muharram sebagai awal tahun hjiriyah. Kira-kira sama dengan hari, ahad, senin, hingga sabtu lalu ahad lagi. Manakah hari yang pertama dalam sepekan? Tidak ada kesepakatan dalam hal ini. Demikian pula di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak ada kesepakatan menjadikan Muharram sebagai bulan pertama tahun Hijriyah. Muharram dijadikan sebagai bulan pertama tahun hijriyah baru sejak zaman Umar bin Khattab.
       Karena di masa Rasulullah tidak ada kesepakatan adanya awal bulan dalam setiap tahun, maka mengucapkan selamat tahun baru juga tidak pernah ada di kalangan sahabat. Bahkan meskipun sudah ada kesepakatan Muharram sebagai bulan pertama dalam hitungan tahun Hijriyah sekalipun, saling memberi ucapan ini tidak pernah ada.

       Munculnya kebiasaan mengucap selamat tahun baru hijriyah baru beberapa tahun belakangan ini. Ketika sebagian besar masyarakat dunia telah terlarut dalam budaya nasrani, khususnya dalam perayaan dan saling memberikan ucapan selamat tahun baru Masehi, termasuk di dalamnya juga umat islam. Kondisi ini membuat para multazimin gerah, lalu mengajak untuk kembali kepada tradisi umat islam. Dan tradisi ini agaknya ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintan dan kepedulian terhadap perhitungan tahun Hijriyah di kalangan umat islam.

      Maka dugaan kuat asal adanya perayaan ini bermula dari meniru kebiasaan orang kafir dalam merayakan tahun baru mereka.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
Barangsiapa meniru-niru suatu kaum maka ia termasuk ke dalam golongan mereka (HR Abu Dawud)

       Karena itulah umat islam tidak perlu mengadakan upacara apapun dalam menghadapi tahun barunya. Demikian juga tidak perlu mengucapkan selamat kepada siapapun berkenaan dengan awal tahun barunya. Allahu a’lam bish-shawab..

Sumber : http://www.assalaam.or.id

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Web Informer Button