Jumat, 08 Juli 2011

Peringkat Universitas di Indonesia 2011 Versi 4ICU

 
 
 
 
 
    Lembaga pemeringkat Internasional 4icu baru saja menerbitkan World University Web Ranking. World Universities Web Rangking merupakan barometer untuk mengukur kiprah perguruan tinggi berdasarkan tiga kriteria yaitu :
1. Google page rank
2. Yahoo inbound links
3. Alexa traffic rank.    

    Ada sekitar 10.200 kampus di 200 negara yang dievaluasi dan hasil pemeringkatannya dirilis tiap semester, yaitu Januari dan Juli setiap tahunnya. Ada beberapa Lembaga Pemeringkat Internasional di antaranya yang sering kita dengar adalah THE-QS (sejak tahun lalu sudah pecah kongsi jadi THE-Thomson Reuters dan QS), Webomentrics, 4icu dll. Perbedaan bobot/kriteria yang dipergunakan mendatangkan hasil peringkat dunia yang berbeda untuk suatu Universitas.

    Untuk 4ICU, Web traffic merupakan ukuran jumlah kunjungan ke website perguruan tinggi. Jumlah tautan dan kunjungan dapat melonjak jika perguruan tinggi dapat meningkatkan konten atau materi yang bermanfaat untuk civitas akademika atau masyarakat umum. Dengan begitu ranking ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet, dan popularitas itu sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan sumbangannya dari perguruan tinggi terkait.

     Meski berdasarkan popularitas di Internet, metode pemeringkatan ini dinilai cukup berkaitan dengan kiprah akademik Universitas tersebut karena kontribusinya ke publik.
 
     Di Indonesia sendiri, 3 besarnya di tempati oleh Institut Teknologi Bandung di peringkat 1, Universitas Gadjah Mada di peringkat 2, dan Universitas Indonesia di peringkat 3.  
 

Untuk mengetahui Top universitas di Indonesia, anda dapat mengakses situs     www.4icu.org/id/

1 comments:

inf [Reply] mengatakan...

IPB ke 4 sial :k5

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Web Informer Button