Senin, 27 September 2010

Foursquare










      Foursquare merupakan situs jejaring sosial yang berbasiskan lokasi si pengguna. Aplikasinya sendiri terdapat di telepon selular seperti iPhone, Blackberry, Android, Palm Pre atau situs mobile mereka. 

FoursquareFox = Foursquare + Firefox 






     Untuk pengguna yang lebih sering surfing lewat browser seperti firefox, firefox sendiri menawarkan add-on yang dikenal dengan  FoursquareFox . FoursquareFox akan menggunakan informasi IP kita untuk menentukan lokasi. FoursquareFox ini berupa toolbar yang memberikan fasilitas check-in, shout, serta melihat dan mengelola teman-teman kita di Foursquare. Setelah diinstall add-on nya, toolbarnya akan Nampak seperti ini :
 



Check-in


      









      Check-in di foursquare adalah ketika pengguna memberitahukan foursquare dimana ia berada. Check-in bisa dilakukan dimana saja, baik itu di kantor, kampus, mall dan tempat lainnya. Pada saat anda melakukan check-in maka anda akan diberikan sebuah poin. Poin juga bisa didapatkan dengan menambahkan lokasi baru yang belum ada di situs web Foursquare dan si pengguna dapat memberikan komentar tentang lokasi tersebut. Foursquare sendiri juga telah bekerjasama dengan Facebook dan Twitter, jadi jika pengguna check-in maka otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitternya. 

Badges
      
 








      Badges adalah imbalan atau hadiah yang diberikan untuk pengguna apabila ia melakukan check-in ditempat-tempat yang menarik. Badges biasanya mempunyai ikatan dengan lokasi yang di tag. Pengguna melakukan tag untuk menjelaskan sebuah tempat atau lokasi di situs web ini. Staf dari Foursquare sangat hati-hati dalam memberikan informasi tentang cara membuka badges. Terdapat beberapa macam badges yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Badges lainnya menunjukkan sebuah kota, lokasi, event, atau tanggal.

Berikut ini sejumlah Badges yang terdapat di Foursquare :
Nama : Newbie
Cara mendapatkannya : Check in 1 kali


Nama : Adventurer
Cara mendapatkannya : Check in 10 kali

Nama : Explorer
Cara mendapatkannya : Check in 25 kali

Nama : Superstar
Cara mendapatkannya : Check in 50 kali

 
Nama : Crunked
Cara mendapatkannya : Check in >4 kali dalam 1 malam






Nama : Bender
Cara mendapatkannya : Check in 4 malam berturut-turut


 
Nama : Photogenic
Cara mendapatkannya : Check in di 3 tempat dengan photobooth




Nama : Gym Rat
Cara mendapatkannya : Check in di gym 10 kali dalam 30 hari
Nama : Don’t Stop Believin
Cara mendapatkannya : Check in di 3 tempat karaoke dalam 30 hari
Nama :Overshare
Cara mendapatkannya : Check in 10 kali dalam 12 jam
Nama : School Night
Cara mendapatkannya : Check in setelah jam 3 pagi di hari kerja
Nama : Super Mayor
Cara mendapatkannya : Menjadi mayor 10 tempat sekaligus
Nama : Warhol
Cara mendapatkannya : Check in di >10 galeri

 Nama : Pizzaiolo
Cara mendapatkannya : Check in di 20 resto pizza
Nama : Jetsetter
Cara mendapatkannya : Check in di 5 airport
Nama : Douchebag
Cara mendapatkannya : Check in di beberapa tempat dengan tag ‘trendy’


Nama : 16 Candles
Cara mendapatkannya : Mengirim 5 shout out ulang tahun
Nama : I’m on Boat
Cara mendapatkannya : Check in di lokasi dengan tag ‘boat’
Nama : Local
Cara mendapatkannya : Check in 3 kali di tempat yang sama selama 1 minggu
Nama : Player Please
Cara mendapatkannya : Check in dengan 3 member yang berjenis kelamin berbeda
Nama : Swarm
Cara mendapatkannya : Check in bersama >50 orang
Nama : Babysitter
Cara mendapatkannya : Check in di tempat bertag ‘playground’
Nama : Super User
Cara mendapatkannya : Check in 30 kali dalam sebulan
Nama : Zoe Trope
Cara mendapatkannya : Check in di >10 bioskop






     sebetulnya masih ada beberapa badge yang sudah dibuat oleh Foursquare tapi berstatus tidak diaktifkan, berkait sponsor dan mungkin sulit didapatkan oleh orang Indonesia yang tidak berdomisili di U.S ataupun jarang bepergian ke sana.

Mayor
       
      Mayor adalah sebuah pangkat yang akan diberikan oleh situs web ini apabila anda telah check-in di satu lokasi dengan intensitas yang tinggi. Dan jika pengguna lain telah mengalahkan intensitas anda dalam check-in di lokasi tersebut maka dialah yang akan dinobatkan sebagai seorang Mayor yang baru. Banyak penawaran yang didapat bila anda adalah seorang mayor dari sebuah lokasi. Di dalam situs ini, pengguna juga bisa membuat sebuah list dari hal-hal yang akan dikerjakan (to do list) untuk kepentingan pribadi dan juga memberikan tips tentang lokasi tersebut sehingga pengguna lain bisa membacanya. Tips ini bisa berupa saran tentang apa yang sebaiknya dilakukan, dilihat, atau dimakan pada lokasi tersebut. Off the Grid check-in adalah sebuah check-in yang dilakukan pengguna secara rahasia karena pengguna tersebut tidak mau lokasinya diketahui oleh pengguna lain.
 
Sejarah Foursquare

    Foursquare diciptakan pada tahun 2009 di New York, US dengan ketersediaan yang terbatas, yaitu hanya untuk 100 area perkotaan. (Amsterdam, Atlanta, Austin, Texas, Boston, Chicago, Dallas / Fort Worth, Denver, Detroit, Helsinki, Houston, Las Vegas, London, Los Angeles, Miami, Minneapolis / Saint Paul, New York City, Pittsburgh, Philadelphia, Phoenix, Portland, San Diego, San Francisco, Seattle, Toronto,DC, Seoul, dan Bombay). Dan pada Januari tahun 2010, situs web ini bisa diakses tanpa batasan daerah sehingga berkembang menjadi 500.000 pengguna. Pada tanggal 21 Maret 2010 yang dinobatkan sebagai ulang tahun Foursquare, telah terdapat lebih dari 500.000 pengguna, lebih dari 1.000.000 badges yang sudah diberikan, lebih dari 1.400.000 tempat yang 1200 diantaranya memberikan penawaran spesial, dan telah terjadi lebih dari 15,5 juta check-in.

Poin

     Poin bisa didapat melalui check-in dalam situs web ini. Pengguna bisa mendapatkan poin saat pertama kali check-in atau menambah suatu tempat baru di dalam situs web Foursquare. Foursquare juga menampilkan sebuah list di situs web-nya agar kita bisa melihat siapakah dari pengguna situs ini yang sudah mendapatkan poin tertinggi dalam “Leaderboard”.

Pemberian Poin :

* +5 poin untuk pertama kali pengguna melakukan check-in
* +5 poin saat pengguna menambah suatu lokasi baru yang belum ada di situs web
* +1 poin saat pengguna melakukan check-in.

Silahkan add saya di Foursquare indo

1 comments:

novigaja [Reply] mengatakan...

:a8

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Web Informer Button