Sabtu, 21 Agustus 2010

Tips Berbuka Puasa yang Sehat

     Berbuka puasa (ifthar) adalah salah satu hal yang paling dinanti pada saat kita melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Agar puasa kita dapat berjalan lancar dan tidak mengganggu keseimbangan gizi di dalam tubuh, ada beberapa tips yang dapat teman-teman lakukan selama berbuka puasa :

1.    So pasti kita berdoa dulu sebelum berbuka puasa.
Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:
Apabila seseorang diantara kamu memakan makanan, hendaknya membaca: “bismillah”. Apabila lupa pada permulaannya, hendaklah membaca: “Bismillahi fii awwalihi wa akhirihi
(HR. Abu Dawud 3/347, At-Tirmidzi 4/288, dan lihat kitab Shahih At-Tirmidzi 2/167).
 
Ada beberapa pendapat yang menyatakan doa buka puasa yang selama ini kita ucapkan “allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ...” itu dhoif/hadistnya lemah, mungkin teman-teman ada yang dapat menjelaskannya..

2.    Menyegerakan Berbuka.
Rasulullah Saw telah memerintahkan kepada kita supaya menyegerakan berbuka puasa ketika matahari telah terbenam.
 
Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah Saw bersabda:
Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.”
Dari Abu Darda’ ra:
“Tiga perkara yang merupakan akhlak para nabi: menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur dan meletakkan tangan di atas tangan kiri dalam shalat.”

3.    Berbuka dengan kurma dan air.
      Pada dasarnya, memberi asupan makanan manis pada tubuh selepas berpuasa akan lebih membangkitkan selera dan bermanfaat bagi badan. Bahkan makanan manis, misalnya korma, akan menguatkan tubuh dan mengembalikan kesegaran pada tubuh kita. Adapun air, sesungguhnya ketika sedang menjalankan ibadah puasa, banyak sekali cairan tubuh yang lenyap (dehidrasi). Oleh karena itu, air sangat diperlukan untuk menormalisasi cairan tubuh sehingga tubuh kita tidak terkena dehidrasi.
 
Dari Anas bin Malik ra:
Adalah Rasulullah Saw berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.”
Nabi Muhammad Saw berkata:
Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.”


4.    Jangan mengonsumsi makanan “buka” terlalu banyak karena tubuh akan kaget seketika kita memasukkan makanan setelah seharian kosong. Ingat bagaimana gelas kosong kita isi tiba-tiba dengan air panas? (perumpamaannya cuy..)

5.    Makanlah makanan berbuka secara bertahap. Setelah minum segelas air putih atau makan kurma, pergilah shalat maghrib. Barulah 15 menit kemudian (perkiraan waktu selesai shalat maghrib) makan-makanan yang lebih ‘berat’, misalnya nasi atau panganan yang lainnya. Lebih bagusnya lagi apabila hidangan utamanya disantap setelah shalat Tarawih, agar sebelum shalat Tarawih teman-teman gak KO, hehe..

6.    Hindari minum es saat buka puasa. Ada kebiasaan salah yang dilakukan sebagian orang, yaitu minum air es atau es yang dicampur ke dalam minuman sebelum menyantap makanan.
Cara ini sangat merugikan karena es dapat menahan rasa lapar. Akibatnya, hidangan lain yang lebih bergizi bisa tidak disantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan.

7.    Pada saat berbuka minumlah secukupnya. Manusia Kira-kira membutuhkan 2 liter sehari (± 8 gelas). Setiap harinya, manusia membutuhkan 2000-2500 kalori dan ini setara dengan 2000-2500 asupan air yang harus terpenuhi agar tubuh terasa segar.

8.    Perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah, agar  mampu menahan rasa lapar. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

9.    Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

10.    Bila diperlukan konsumsilah vitamin seperti vitamin A,B, C dan E. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

11.    Jangan makan yang mengandung bumbu terlalu merangsang, seperti cabe atau santan kental.

12.    Jangan minum dan makan yang menimbulkan gas, yakni kol, lobak, nangka, ubi jalar dan minuman ringan.

13.    Jangan mengkonsumsi tape ketan, kopi, dan teh kental karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.

14.    Berhentilah makan sebelum kenyang. Seperti yang dikatakan Rasulullah, porsi perut kita untuk menampung makanan adalah sepertiga angin, sepertiga air, dan sepertiganya berupa makanan.

15.    Mungkin teman punya tambahan yang lainnya, dengan senang hati diterima..

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Web Informer Button